proses
masuknya islam di Indonesia dapat diketahui dari beberapa sumber yang
dapat memberitakannya. Sumber sejarah itu dapat digolongkan menjadi
sumber ekstern (dari luar negeri) dan sumber intern (dari dalam negeri).
Sumber Ekstern masuknya islam ke indonesia
Sumber exstren artinya sumber sejarah yang menyatakan masuknya islam ke indonesia berasal dari sumber luar negeri.diantaranya:
-
Berita dari Arab
-
Berita dari Eropa
-
Berita dari India
-
Berita dari Cina
Sumber Intern
Sumber intren maksudnya adalah sumber sejarah tentang masuknya islam ke indoneisa berasal dari dalam negri atau dari indonesia itu sendiriSumber intern yang menjadi bukti masuknya Islam di Indonesia, antara lain sebagai berikut:- Batu Nisan Fatimah binti Maimun (1028) yang bertuliskan Arab di Leran (Gresik).
- Makam Sultan Malik Al Saleh (1297) di
- Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim (1419) di
Teori-teori masuknya islam ke indonesia
-
Teori gujarat
Menurut penganut teori ini
berkeyakinan bahwa islam masuk ke indonesia di bawa oleh orang-orang
dari gujarat india pada abad ke 13.teori ini didukung oleh Snouck
Hurgronje (dia merupan ahli agama islam belanda yang sengaja di kirim
oleh belanda untuk menaklukkan aceh),sutterhein dan B.H.M Vlekke.
Ada dua alasan para pendukung teori ini
Pertama adanya batu
nisan sultan malik alsaleh (sultan kerajaan samudara pasai yang
meninggal 1297) yang bercorak gujarat. Kedua adanya tulisan marcopollo
(pedagang venesia italia sekarang) yang menyatakan pernah singgah di
perlak pada tahun 1292 dan mendapati banyak penduduknya yang beragama
islam dan para pedagang dari gujarat india.
-
Teori mekkah
Pendukung teori ini adalah
van leur (Tokoh Sejarah),buya hamka (tokoh agama, intelektual dan
nasional dari minang kabau sumatra barat). Menurut mereka
islam telah masuk ke indonesia pada abad ke 7 M dan langsung di sebarkan
dari orang mekkah buktinya adanya pemukiman islam di baros daerah
pesisir barat sumatra.dan adanya makam fatimah binti maimu beranggka
tahun 1078 masehi di trowulan jawa timur.
Proses Islamisasi di indonesia
Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 dan terus berkembang serta prosesnya lebih demokratis dari pada agama Hindu. Itulah sebabnya pada abad ke-16 telah dapat menggeser kekuasaan Hindu (Kerajaan Majapahit). Adapun proses islamisasi di Indonesia dilakukan dengan berbagai bentuk, antara lain sebagai berikut:Proses Islamisasi Melalui Perdagangan
perdagangan memainkan peranan sangat penting dalam proses masuknya islam di indonesia. Para pedagang dari Arab, Persia, dan Gujarat memegang peranan penting sebab di samping berdagang, mereka juga menyebarkan agama Islam. Mereka mendirikan perkampungan sendiri (perkampungan pedagang muslim di negeri asing ) yang disebut Pekojan. Melalui perdagangan inilah Islam berkembang pesat. Hal ini didukung oleh situasi politik saat itu, ketika para bupati pesisir berusaha untuk melepaskan diri dari kekuasaan pusat yang sedang mengalami kekacauan atau perpecahan.Proses Islamisasi Melalui Perkawinan
Perkawinan putri bangsawan dengan pedagang muslim dilakukan secara Islam dengan mengucapkan kalimat syahadat (perkawinan antara pihak Islam dengan pihak yang belum Islam). Perkawinan merupakan saluran islamisasi yang paling mudah. Dari perkawinan itu pula akan membentuk ikatan kekerabatan antara pihak keluarga laki-laki dan perempuan.Saluran lewat perkawinan antara pedagang, ulama, ataupun golongan lain dengan anak bangsawan, bupati ataupun raja akan lebih mengun- tungkan. Status sosial ekonomi ataupun politik para bangsawan, bupati, atau raja akan mempercepat proses islamisasi. Banyak contoh yang dapat dikemukakan mengenai proses islamisasi melalui perkawinan, antara lain sebagai berikut.
Perkawinan Putri Campa dengan Raja
Brawijaya yang melahirkan Raden Patah.Perkawinan Rara Santang (putri
Prabu Siliwangi) dengan Syarif Abdullah melahirkan Syarif Hidayatullah
(Sunan Gunung Jati).
Perkawinan Putri Blambangan dengan
Maulana Ishak mempunyai seorang putra bernama Raden Paku (Sunan
Giri).Perkawinan Raden Rahmat (Sunan Ampel) dengan Nyai Gede Manila
melahirkan Sunan Bonang (Makdum Ibrahim) dan Sunan Drajat (Syarifudin).
perkawainan para pedagan
islam memainkan peran sangat penting dalam proses masuknya islam ke
indonesia pada masa awal perkembangan islam.
Proses Islamisasi Melalui Tasawuf
ajaran tasau berperan besar dalam proses masuknya islam ke indonesia.Ajaran tasawuf adalah ajaran ketuhanan yang telah bercampur dengan mistis atau unsur-unsur magis. Ajaran tasawuf masuk ke Indonesia pada abad ke-13. Di Aceh muncul ahli tasawuf yang terkenal, seperti Hamzah Fansuri, Syamsuddin as Samatrani, dan Nuruddin ar Raniri. Di Jawa di antara Wali Sanga juga ada yang mengajarkan tasawuf ialah Sunan Bonang dan Sunan Kudus.Proses Islamisasi melalui Pendidikan
pendidikan memainkan peranan penting dalam proses masuknya islam di indonesia. Lewat pendidikan terutama dalam pesantren yang diselenggarakan oleh guru-guru agama, kiai-kiai, dan ulama-ulama. Pesantren merupakan lembaga yang penting dalam penyebaran agama Islam karena merupakan tempat pembinaan calon guru-guru agama, kiai-kiai, dan ulama-ulama. Pada masa pertumbuhan Islam di Jawa, kita mengenal beberapa pesantren, di antaranya Pesantren Ampel Denta di Surabaya dan Pesantren Giri di Gresik.Proses Islamisasi Melalui Dakwah
Proses masuknya islam di indonesia melalui dakwah. Demikian halnya di Jawa melalui dakwah dilakukan oleh kelompok para wali yang dikenal dengan sebutan Wali Sanga. Wali artinya wakil atau utusan. Mereka di samping memiliki pengetahuan agama Islam juga memiliki kelebihan yang disebut karomah. Oleh karena itu, mereka diberi gelar sunan artinya yang dihormati. Kesembilan wali tersebut adalah sebagai berikut:Sunan Ampel (Raden Rahmat) di Surabaya (Jawa Timur).
Sunan Bonang (Raden Makdum Ibrahim) di Tuban (Jawa Timur).
Sunan Drajat ( Raden Syarifuddin) atau raden Qosim di Lawongan, Jawa Timur.
Sunan Giri (Raden Paku) di Gresik, Jawa Timur.
Syeh Maulana Malik Ibrahim, di Gresik, Jawa Timur.
Sunan Kalijaga (Raden Said) di Kadilangu, Semarang, Jawa Te Sunan Kudus (Raden Jafar Shodiq) di Kudus, Jawa Tengah.
Sunan Muria (Raden Umar Said) di Muria, Jawa Tengah.
Sunan Gunung Jati (Syarif Hidaya-tullah) di Cirebon, Jawa Barat.
Penyebaran agama Islam di Jawa Tengah bagian selatan dilakukan Sunan Tembayat (Bayat) yang berkedudukan di Klaten. Penyebaran agama Islam di luar Jawa, khususnya di Sulawesi Selatan dilakukan oleh Datuk ri Bandang dan Datuk ri Sulaiman. Di Kalimantan Timur dilakukan oleh Datuk ri Bandang dan Tuan Tunggang ri Parangan. Golongan lain yang mempercepat proses islamisasi ialah mereka yang telah menunaikan ibadah haji.
SUMBER : http://www.sejarah-indonesia.com/proses-masuknya-islam-di-indonesia/
0 komentar:
Posting Komentar