Selasa, 23 Januari 2018

Sejarah Lagu Tanah Airku

Hasil gambar untuk tanah air

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Setelah tujuh puluh tahun indonesia merdeka, saya yakin bahwa kalian semua tahu kalau ini adalah salah satu lagu wajib nasional, yaitu Tanah Airku. Jadi simak baik baik ya sejarah lagu ini.

Lagu Tanah Airku

Tanah airku adalah lagu nasional Indonesia yang diciptakan oleh Ibu Sud pada tahun 1927 dan dinyanyikan oleh Rita Effendy. Lagu ini diciptakan oleh Ibu Sud saat ia terinspirasi terhadap para pahlawan yang menimba ilmu di Belanda dan Jerman. 
Sepulangnya mereka dari sana mereka mengaplikasi ilmunya untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Seperti yang terkandung dalam lagu ini, lagu ini menceritakan seorang WNI yang mengembara ke berbagai negara, namun tetap kembali ke Indonesia untuk kemajuan tanah air tercinta.

Makna

Lagu ini mempunyai makna yang sangat luas, makna tersebut berisi tentang kecintaan Ibu Sud terhadap Negara Republik Indonesia. Ibu Sud ingin tanah air indonesia agar selalu dicintai oleh masyarakat yang lahir dan hidup di Indonesia selamanya. Walau pun ia pergi jauh ia tidak akan pernah lupakan tanah airnya.
walau banyak orang pergi ke negara – negara lain namun tak ada yang senyaman di kampung sendiri. Ia pun berkata bahwa negara Indonesia seperti rumahnya sendiri. ia menceritakan ke banggaannya terhadap tanah air indonesia tercinta ini dan beliau berjanji bahwa tidak akan melupakannya.
Lagu ini bagus untuk dinyanyikan oleh semua semua orang karena lagu ini sangat menyentuh hati para pendengar maupun penyanyi. Banyak orang menyanyikan lagu ini karena ia bangga terhadap tanah air Indonesia.  Mereka membayangkan keindahan tanah air yang ia cintai dan banggakan.

Pencipta 


Jadi, siapakah Ibu Sud? nama aslinya adalah Saridjah Niung dengan nama lengkap Saridjah Niung Bintang Soedibjo. Ia lahir di Sukabumi, Jawa Barat pada 26 Maret 1908 dan meninggal tahun 1993 pada usia 85 tahun. Setelah menikah dengan Raden Bintang Soedibjo dia lebih dikenal dengan nama Ibu Soed.
Ia adalah seorang pemusik, guru musik, pencipta lagu anak - anak, penyiar radio, dramawan dan seniman batik Indonesia. Dalam dedikasinya, Lagu - lagu yang diciptakan Ibu Soed sangat terkenal di kalangan pendidikan Taman Kanak-kanak Indonesia.

Lirik Lagu Tanah Airku

Tanah airku tidak kulupakan
'kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak 'kan hilang dari kalbu
Tanahku yang kucintai
Engkau kuhargai
Walaupun banyak negeri kujalani
yang mahsyur permai dikata orang
Tetapi kampung dan halamanku
Di sanalah ku merasa senang
Tanahku tak kulupakan
Engkau kubanggakan
Tanah airku tidak kulupakan
'kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak 'kan hilang dari kalbu
Tanahku yang kucintai
Engkau kuhargai

Not lagu Tanah Airku

2 komentar: