Selasa, 30 Januari 2018

Pengertian Cinta Tanah Air

 Hasil gambar untuk tanah air
1.    Pengertian Cinta Tanah Air
              Rasa cinta tanah air adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati yang dimiliki oleh setiap orang pada negara tempat dimana ia tinggal. Yang tercermin dari perilaku membela tanah air yaitu, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya dan melestarikan alam dan lingkungan tanpa merusaknya.
       Cinta Tanah Air merupakan wujud dari sila Persatuan Indonesia yang dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari di keluarga, sekolah dan masyarakat Kesadaran cinta tanah air itu yaitu berbakti kepada negara dan rela berkorban demi membela negara.
       Oleh karena itu, rasa cinta tanah air perlu ditumbuh kembangkan dalam jiwa setiap orang sejak usia dini agar tujuan hidup bersama dapat tercapai. Salah satu cara untuk menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air adalah dengan menumbuhkan rasa bangga terhadap tanah airnya, jika seoarang pelajar dapat melalui proses pendidikan. Oleh karena itu pendidikan dapat di jadikan sebagai suatu munculnya rasa cinta terhadap tanah air.

2.  Pentingnya Cinta Tanah Air
    Cinta tanah air adalah ilmu yang mempelajari tentang sikap rela berkorban, terhadap negara terhadap negara indonesa tanah air kita untuk mewujudkan cinta tanah air dapat kita wujudkan setiap hari dengan sikap dalam menjalankan hidup berbangsa dan bertanah air dengan giat, pantang menyerah, peduli dan saling membantu antar umat. Rasa cinta tanah air dapat ditanamkan kepada anak-anak yang masih kecil atau ketika usia dini agar rasa cinta terhadap tanah air tertanam di hati nya dan menghargai bangsa dan negara nya , misalnya dengan melaksanakan upacara bendera hari senin yang dilakukan di sejolah dengan menghormati bendera merah putih, menyanyikan lagu indonesia raya degan penuh bangga, dan mengucapkan pancasila dengan semangat.
    Cinta tanah air adalah perasaan cinta terhadap bangsa dan neggara sendiri, untuk membela, menjaga, dan mempertahankan dari serangan bangsa lain dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa. Negara kita bisa berdiri dan merdeka atas perjuangan para pahlawan yang memiliki rasa cinta terhadap tanah air yang tinggi. Tanpa adanya rasa cinta tanah air negara ini tidak akan merdeka. Seharusnya kta berterimakasih kepada mereka yang telah menegakan memerdekakan negara ini karena berkat perjuangan mereka dan berkat rasa cinta terhadap tanah air nya , negara kita bisa menjadi negara yang merdeka. Tapi walaupun negara kita sudah merdeka dan terlepas dari penjajah, kita tetap harus menjaga kemerdekaan tersebut, agar negara tetap utuh atau merdeka , dan penjajah tidak bisa lagi memasuki wilayah indonesia atau tanah air kita.
3.  Contoh Cinta Tanah Air
Contoh-Contoh Cinta Tanah Air :
a.      Bangga menjadi orang Indonesia
b.      Melestarikan Budaya dan adat istiadat
c.      Menggunakan Produk Lokal (dalam negeri sendiri)
d.      Tidak melupakan bahasa sendiri
e.      Menjaga serta merawat lingkugan
4. Ciri-Ciri Orang Yang Tidak Mencintai Tanah Air
•    Memakai Produk Luar
Di zaman sekarang banyak sekali orang yang lebih menyukai produk lain dari pada produk dalam negeri, karena di zaman sekarang banyak barang-barang impor dari luar negeri yang telah memasuki tanah air kita, begitu merajai pasar dan grosir sehingga barang dan produk dalam negeri mallah tidak punya tempat di negeri sendiri karena kalah bersaing , sebenarnya banyak sekali produk dalam negeri yang begitu bagus akan kualitas yang di berikan , namun sekarang orang-orang lebih banyak memakai produk dari luar negeri
•    Memilih Pergaulan Yang Bebas
Anak-anak di zaman sekarang tidak bisa membedakan mana pergaulan yang baik dan pergaulan yang tidak baik, oleh karena itu negara indonesia di zaman ini sudah rusak karena pergaulan anak bangsa yang bebas, contoh nya anak sekolah di zaman sekarang banyak yang telah mengenal rokok , bahkan sudah memakai narkoba, tetapi mereka tidak sadar bahwa pergaulan mereka bisa merusak nama bangsa , seharusnya mereka bisa mengharumkan nama bangsa bukan merusaknya . dan kita juga seharusnya bisa memilih pergaulan yang baik.
•    Merusak Alam Sekitar
Manusia dan lingkungan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, manusia membutuhuhkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan nya, tetapi manusia juga yang merusak nya. Contohnya, menebang pohon secara liar, dan membakar hutan yang menyebabkan udara menjadi kotor dan tidak sehat, meskipun mereka tau mereka mendapatkan udara dari alam , namun tetap saja mereka mencemarinya dengan ulah tangannya sendiri. Namun ada juga yang membuat pembangunan secara tidak di rencanakan di alam hanya untuk uang. Masyarakat pasti juga tau bahwa indonesia terlihat indah dan menarik para wisatawan asing untuk berkunjung ke tanah air kita karena kekayaan alam di  tanah air kita. Oleh karena itu kita harus menjaga dan merawat alam di sekitar kita bukan merusak nya.
•    Melupakan Budaya Dan Adat Istiadat
Kebudayaan-kebudayaan bangsa sekarang sudah mulai luntur dari masyarakat kita, karena masyarakat sekarang khususnya pemuda lebih senang meniru budaya-budaya  luar dari pada budaya asli kita sendiri. Padahal indonesia sangat menarik salah satunya keaneka ragaman keunikan budaya dan adat istiadat indonesia.
•    Melupakan Bahasa Asli Bahasa Indonesia
Bahasa indonesia merupakan bahasa asli dari negara indonesia dan sudah sepantasnya sebagai warga indonesia seluruh masyarakat terutama para pemuda menjaga dan melestarikan Bahasa Indonesia. Di Indonesia terdapat puluhan jenis bahasa. Namun sangat jaranag remaja saat ini menggunakan bahasa daerah nya sendiri. Hanya sebagian remaja di daerah yang menggunakan bahsa daerah nya sendiri.

SUMBER : http://harlan88.blogdetik.com/2016/03/31/pengertian-cinta-tanah-air

0 komentar:

Posting Komentar